spasi spasi

Bagai kumpulan text, perlu ruang kosong untuk dapat membacanya dengan jelas.

Bagai lokasi, perlu jarak untuk membuatnya tidak sesak.

Bagai runutan peristiwa, perlu jeda untuk mampu mengenang episode yang sudah dilalui.

Bagai gerak, perlu kejap tarikan nafas untuk terus melaju

Friday, January 12, 2007

Di Satu Pojok Tengah Kota; Sebuah PR Untuk Pelayan Umat

s.p.a.s.i...s.p.a.s.i

Kamis pagi, saat mengantar teman beli sarapan di 'Gang Senggo' atawa BDN Street. Sekitar jam 07.30. PKL yang pada siang hari berbaris merapat di jalan tersebut belumlah datang semuanya.

Trus, aku ngobrol sama seorang wanita (hm... kira-kira 30 an tahun, pake kaos yang 'pas' (ga ketat) dengan tubuh mungilnya, pake celana panjang hitam, dilengkapi dengan tas pinggang hitam pula. Dia berjualan -maaf- pakaian dalam wanita, pria, dan anak-anak.

Dianti (D) : Pagi-pagi udah beberes Bu.
Ibu PKL (P) : Iya, ntar biar jam 10 udah rapi, kalo kita mulainya siang, ntar keteteran.
D : Seru ya Bu dagang begini (duh... empty talks mode : on)
P : Iya Mba ... Ya.. Alhamdulillah lah, namanya juga rejeki, musti begini.

tanpa perlu kukorek lebih jauh, meluncurlah narasi tentang sepak terjang dagangnya si Ibu PKL.

P : Dulu mah enak Mba, saya di Pasar Baru.
D : Sebelah mananya Bu?
P : Di Gang, deket Bakmi Gang Kelinci. Wah, di sana mah enak, hampir tiap hari ada aja yang mampir.
D : O iya Bu... Rame tuh, apalagi Sabtu Minggu, orang pada keluar kan..
P : Iya ... enak, rame.
D : Trus, pindah kenapa?
P : Katanya siyh untuk penertiban kota. Jadi kita ga boleh jualan lagi di sana.
Aturan kalo mau ditertibkan, kita mau kok ditampung, dirapiin di satu tempat. Kita malah disuruh ke Tanah Abang. Di Tanah ABang sewa setahun Rp. 20.000.000, belom lagi ngegaji pegawai, sehari 20.000; yang ada mah saya yang nombokin Mba.
Pernah juga disuruh jualan ke Monas.
D : Lho??? Siapa yang mau beli?
P : Iya Mba. Emang Monas sepi banget. Ya udah deh... Akhirnya kita jualan di sini. Namanya juga Rizki.
D : Eheh. Iya deh Bu (langsung pamitan, secara temanku udah kelar beli sarapan). Yuk Bu.. Sukses ya...
P : Ya Mba.

Itu baru satu pojok Jakarta. Baru 1 PR. Masih terpetakan ribuan pojok dengan karakter komplexnya masing-masing.
Agustus 2007... Akankah Beliau yang terpilih adalah seorang yang amanah, yang dengan niat tulus ikhlash 'merapikan' pojok-pojok Jakarta untuk menjadi Jakarta yang Madani yang kita impikan semua?
Allahu A'lam Bish Showab.
Moga Allah menjadikan kita : Jundi yang mentaati Qiyadah yang baik. Amien...


WA Lt. 11 12/1/2007 12.13 PM

1 comment:

kikie said...

hiks .. sedih banget kalau dengar tentang mereka yang kena gusur. bilangnya ditertibkan. :(